Home » Kecantikan» Kesehatan» Mandi Susu, Manfaat dan Cara Membuatnya Sendiri di Rumah

Mandi Susu, Manfaat dan Cara Membuatnya Sendiri di Rumah

. . Tidak ada komentar:
Mandi susu
Mandi susu
Selain populer dikonsumsi sebagai minuman kesehatan, susu juga banyak dimanfaatkan sebagai metode perawatan untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Mulai dari kalangan artis sampai orang biasa, mandi susu sudah lumrah dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Susu memang mengandung banyak vitamin dan mineral yang diperlukan untuk kesehatan kulit.  Namun karena memerlukan biaya yang tidak murah, biasanya hanya sedikit orang saja yang mau melakukan perawatan dengan mandi susu secara teratur.

Terlepas dari itu semua, mandi susu yang dilakukan secara teratur dapat memberikan perbedaan yang besar pada kulit Anda. Berikut ini beberapa manfaat mandi susu bagi kesehatan dan kecantikan yang mungkin belum Anda ketahui:

a. Mandi susu dapat meremajakan kulit. Berbeda dengan mandi menggunakan air biasa, sensasi aroma dan nuansa yang diberikan akan membuat Anda lebih berenergi.
b. Jika Anda mengalami masalah kulit tertentu, maka mandi susu dapat membantu menyembuhkannya secara lebih cepat. Dengan mandi susu, semua bagian tubuh luar akan terjangkau tanpa terkecuali.
c. Saat melakukan mandi susu, pijatlah tubuh dengan tangan dengan gerakan melingkar. Sensasinya yang lembab dan lembut akan memberikan efek menenangkan kulit.
d. Seringkali saat mandi susu, banyak yang masih bimbang apakah harus atau boleh menggunakan mandi susu pada rambut?. Faktanya, susu sendiri sebenarnya merupakan obat alami yang sangat bagus untuk mengatasi masalah rambut rontok atau rapuh. Jadi, tidak perlu ragu lagi untuk membasahi juga rambut dengan mandi susu.
e. Susu juga berkhasiat sebagai pengelupas kulit mati (lapisan kulit terluar yang menyebabkan kulit tampak kusam). Dengan demikian, maka kulit akan tampak lebih muda dan segar berseri alami.
f. Bagi Anda yang memiliki masalah kulit kusam atau terjadi penuaan dini, maka disarankan agar segera mandi susu untuk mengatasi kerusakan lebih parah. Mandi susu secara teratur juga dapat meningkatkan elastisitas kulit layaknya tekstur kulit usia muda.

Sekarang bagaimana cara membuat persiapan mandi susu sendiri rumah?. Berikut ini tahap demi tahap bagaimana cara mempersiapkan mandi susu di rumah, beserta bahan-bahan tambahan apa saja yang diperlukan. Untuk melakukan mandi susu, baiknya dilakukan dalam bak mandi yang menampung seluruh badan, jadi kita bisa sambil berendam agar susunya mengenai seluruh bagian sudut tubuh.

- Bak mandi diisi setengah dengan air suam-suam kuku;
- 8-10 mangkuk ember berisi susu mentah;
- 2 cangkir kecil madu mentah (madu murni tanpa campuran);
- 20-25 tetes minyak esensial lavender, sebagai pengharum tubuh;
- ½ cangkir garam laut atau garam epsom;
- ½ cangkir baking soda;
- ½ cangkir minyak kelapa organik;
- Beberapa lembar bunga mawar segar, secukupnya.

Cara Melakukan Mandi Susu

- Pertama-tama isi bak mandi dengan air suam-suam kuku yang sudah dipersiapkan;
- Selanjutnya tambahkan susu dan aduk-aduk sampai merata;
- Setelah itu, tambahkan madu, minyak kelapa, dan minyak esensial lavender. Lalu diaduk-aduk lagi sampai tercampur merata;
- Terakhir, tambahkan baking soda dan garam, tidak perlu diaduk-aduk. Hiasi dengan bunga mawar dan mandi susu Anda sudah siap digunakan. Jangan terburu-buru selesai, nikmati sensasi dan prosesnya agar susu bisa meresap ke pori-pori kulit, paling tidak selama 25 menit. Lakukan setidaknya satu atau dua kali dalam seminggu.

Baca Juga

Loading...