Home » Kecantikan» Tiga Cara Praktis Mengetahui Jenis Kulit Anda di Rumah

Tiga Cara Praktis Mengetahui Jenis Kulit Anda di Rumah

.
Sebelum menggunakan produk makeup atau perawatan kulit tertentu, satu hal penting yang harus dilakukan adalah mengetahu jenis kulit yang kita miliki. Namun sayangnya, kebanyakan orang seringkali menghiraukan tahap ini dan cenderung menggunakan produk kecantikan karena terpengaruh oleh iklan ataupun hanya ikut-ikutan teman. Padahal jika jenis kulit Anda berminyak misalnya dan Anda menggunakan produk kosmetik yang dikhusukan untuk kulit kering, maka hal ini justru akan semakin memperparah kesehatan kulit anda. Begitu pula, jenis kulit kering juga tidak cocok jika menggunakan kosmetik yang dikhususkan untuk kulit berminyak.
Mengetahui jenis kulit wajah
Ilustrasi mengetahui jenis kulit wajah
Oleh karena itu, sebelum memutuskan memilih produk kecantikan dan perawatan kulit yang tepat, penting untuk mengetahui terlebih dahulu jenis kulit yang Anda miliki. Seperti kita ketahui, kulit manusia merupakan organ terbesar tubuh kita. Jenis kulit juga dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu kulit berminyak, kulit kering, kulit normal, kulit sensitif, dan jenis kulit kombinasi. Masing-masing jenis kulit memiliki metode perawatan tersendiri dan tidak sama. Berikut penjelasan lebih lengkap masing-masing perbedaan jenis kulit tersebut.

1. Kulit Berminyak
Bila sehari-hari kulit Anda mudah sekali berminyak terutama pada siang hari, maka Anda termasuk orang yang memiliki jenis kulit berminyak. Orang dengan jenis kulit berminyak mudah sekali terkena jerawat atau bisul-bisul di wajah. Bila diseka dengan tisu, maka akan terlihat cukup banyak minyak yang menempel. Jenis kulit berminyak memerlukan perawatan lebih ekstra karena mudah terkena masalah kulit.

2. Kulit Kering
Berlawanan dengan kulit berminyak, jeniskulit kering justru terlihat sama atau tidak terlalu berminyak pada siang sampai malam hari. Secara kasat mata sangat dehidrasi jika dilihat, namun juga tidak luput dari permasalahan kulit. Adapaun problem yang sering dialami seperti kulit gatal, kulit merah, kulit keriput, dan masih banyak lagi. Bahkan meskipun baru saja dibersihkan, kulit kering masih tampak sangat dehidrasi untuk dilihat.

3. Kulit Normal
Kulit normal adalah jenis kulit yang paling bagus dan Anda patut bersyukur jika memilikinya. Kulit normal akan selalu halus dan lembut serta jarang sekali mengalami masalah kulit yang serius seperti jerawat. Dilihat secara kasat mata jenis kulit normal tampak konstan atau tidak berubah sepanjang hari. Perawatan untuk jenis kulit ini juga sangat mudah dan minim.

4. Kulit Kombinasi
Mungkin seseorang tidak memiliki jenis kulit berminyak, kering atau normal. Dalam hal ini, orang tersebut berarti memiliki jenis kulit kombinasi. Dimana beberapa bagian ada yang sangat kering, sebagian lagi berminyak, dan sisanya lagi normal.

5. Kulit Sensitif
Sangat peka dan paling susah perawatannya, karena kulit sensitif sangat rentan dengan rekasi apapun baik dari luar maupun dalam. Bahkan perubahan cuaca atau eksperimen dalam ber-makeup bisa dengan mudah memengaruhi kulit.

Sekarang, bagaimana cara mengetahu secara pasti jenis kulit anda?. Ada cara mudah yang bisa Anda praktekkan sendiri di rumah untuk mengetahui jenis kulit anda sebenarnya. Seperti dijelaskan sebelumnya, mengetahui jenis kulit sangat penting sebelum memilih kosmetik atau perawatan kulit yang cocok. Jangan sampai kulit menjadi bertambah rusak karena kitanya sendiri yang salah dalam memilih produk kosmetik yang tepat.

1. Rasakan Kulit Anda
Salah satu cara untuk mengetahui jenis kulit adalah dengan mengamati dan merasakannya dalam jangka waktu tertentu. Cucilah muka pada pagi hari dan setelah itu jangan mengoleskan apapun pada kulit atau makeup sampai tengah hari. Tepat pada tengah atau siang hari, coba periksa kulit anda dengan membandingkan petunjuk di bawah ini:

- Jika keriput – Anda memiliki jenis kulit kering.
- Jika berminyak dan tampak selalu basah – Anda memiliki jenis kulit berminyak.
- Jika sebagian kering dan sebagian lagi berinyak, bisa dikatakan Anda memiliki jenis kulit kombinasi.
- Jika kulit langsung bereaksi dengan munculnya bercak-bercak (merah), maka Anda memiliki jenis kulit sensitif.
- Jika kulit tetap halus dan lembut – Berarti Anda memiliki jenis kulit normal.
Namun begitu, Anda tetap harus terus melakukan pengamatan selama 15 – 20 hari dalam kondisi iklim yang sama untuk mendapatkan hasil yang akurat terkait jenis kulit anda sebenarnya.

2. Perhatikan Pori-pori Anda
Semua manusia pada hakekatnya memiliki pori-pori di tubuhnya. Mengenai ukuran, bentuk, dan sifat pori-pori secara khusus bisa memberitahu akan jenis kulit yang kita miliki. Lakukan pengamatan:

- Jika Anda memiliki pori-pori yang terlihat kecil, ketat, dan tidak terlalu menggangu (menurut Anda) – Maka Anda termasuk orang yang memiliki jenis kulit kering.
- Jika Anda memiliki pori-pori yang besar dengan masalah kulit seperti jerawat dan bisul yang cenderung selalu muncul – Maka Anda memiliki jenis kulit berminyak.
- Jika pori-pori di kulit anda hampir tidak terlihat – Berarti Anda memiliki jenis kulit normal.
- Jika disentuh atau sedikit goresan pada kulit warnanya langsung merah dan bereaksi – Maka Anda termasuk dalam kategori pemiliki kulit sensitif.

3. Tes Sederhana dengan Kertas Minyak atau Blotting Papper
Salah satu metode yang cukup lama digunakan untuk mengetahui jenis kulit di rumah adalah dengan memanfaatkan kertas minyak. Pada saat malam hari sebelum melakukan tes, cuci wajah sampai bersih dari sisa-sisa makeup atau kotoran yang masih menempel. Tidak diperbolehkan menggunakan aplikasi wajah apapun sebelum tidur. Pada saat bangun tidur keesokan harinya, ambil kertas minyak lalu kemudian berdirilah di depan cermin. Oleskan kertas minyak secara merata ke seluruh wajah Anda dan mulai lakukan pengamatan:

- Jika terlihat ada banyak minyak menempel pada kertas – Hasilnya adalah kulit berminyak.
- Jika terlihat tidak ada minyak pada kertas dan Anda merasa kulit mengalami dehidrasi (kekeringan) atau sangat ketat – Kesimpulannya adalah kulit kering.
- Jika ada sebagian yang kering dan sebagian lagi berminyak – Maka kesimpulannya adalah, Anda memiliki jenis kuit kombinasi.
- Jika terlihat hampir sama sekali tidak ada perubahan pada kulit atau hanya terdapat sedikit debu saja – selamat, berarti Anda memiliki jenis kulit yang normal.
- Terakhir, jika kulit tidak bereaksi pada kertas minyak tapi rentan terhadap ruam dan alergi – Berarti Anda memiliki jenis kulit sensitif.


Baca Juga

Loading...