Home » Kesehatan» Sains» Turunkan Berat Badan, Olahraga Lebih Efektif Buat Pria

Turunkan Berat Badan, Olahraga Lebih Efektif Buat Pria

. . Tidak ada komentar:
Olahraga pria
Olahraga pria
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim dari Universitas Colorado menemukan bahwa ternyata olahraga memiliki keefektifan yang tidak sama antara pria dan wanita. Dalam hal ini, pria lebih bagus melakukan olahraga jika tujuannya untuk menurunkan berat badan. Menurut penelitian, otak cukup sulit dikendalikan dan memicu reaksi terpisah (berbeda) antara pria dan wanita.

Uji coba penelitian tersebut dilakukan pada tikus dengan dua jenis kelamin berbeda. Selama penelitian, kedua tikus jantan dan betina diberi makanan dengan kandungan tinggi lemak dan dilatih berolahraga di atas treadmill yang dibuat khusus untuk tikus. Setelah 10 minggu, diketahui bahwa ternyata tikus jantan yang berolahraga memiliki kecenderungan makan lebih sedikit dan berat badan turun dibanding tikus lainnya yang tidak aktif.

Di sisi lain, tikus betina yang melakukan olahraga terlihat tidak begitu banyak terjadi perubahan pola makan (nafsu makan tetap sama). Berat badannya juga sama dengan tikus-tikus lain (tidak mengalami perubahan yang signifikan) yang tidak melakukan olahraga .

Sementara itu, saat penelitian yang sama diujicobakan pada manusia (pria) dengan diberikan konsumsi makanan rendah lemak, dampak olahraga terhadap penurunan berat badan terbukti malah lebih cepat. Penulis studi Rebecca Foright, mengatakan bahwa hal ini kemudian tidak lantas langsung mengasumsikan wanita akan merespon intervensi dengan cara yang sama seperti pria.

Seperti dikonfirmasi pada hasil penelitian tersebut bahwa ada perbedaan besar antara jenis kelamin dalam hal efek berolahraga, bagaimana hal itu memengarui sinyal hormonal dan proses otak yang mengatur nafsu makan.

√Baca Juga√

Loading...