Home » Kesehatan» 5 Kebiasaan yang Tanpa Disadari Ternyata Bisa Merusak Ginjal

5 Kebiasaan yang Tanpa Disadari Ternyata Bisa Merusak Ginjal

. . Tidak ada komentar:
Ilustrasi organ ginjal manusia
Ilustrasi organ ginjal manusia
Salah satu organ tubuh yang benar-benar harus diperhatikan dan dijaga kesehatannya adalah ginjal. Organ tubuh yang terletak di bagian kanan dan kiri tulang belakang tersebut memiliki peran vital dalam membersihkan cairan tubuh dan juga mengeluarkan zat-zat limbah sisa metabolisme melalui urin dan keringat. Kerusakan pada ginjal dapat menyebabkan masalah serius dan berakibat fatal.

Beberapa gejala yang mungkin bisa menjadi pertanda kerusakan awal ginjal atau ginjal tidak bekerja dengan baik diantaranya perubahan pola buang air seni, gampang lelah (kelelahan berlebih), bau mulut, kulit kering, gatal-gatal di area tertentu, sering mual, pusing, berkeringat dingin, dan sebagainya. Oleh karena itu, sangat penting menyadari kondisi ginjal dan secara periodik memastikan kesehatannya.

Ada beberapa kebiasaan tidak sehat yang mungkin sering Anda lakukan ternyata dapat menyebabkan kerusakan ginjal secara cepat atau perlahan. Apa saja kebiasaan-kebiasaan tersebut, berikut ini lima yang paling umum diantaranya:

1. Konsumsi Garam Berlebihan
Konsumsi garam dalam jumlah berlebihan dan jangka waktu yang lam dapat meningkatkan tekanan darah (darah tinggi) dan juga menyebabkan kerusakan ginjal. Pola makan yang cenderungkaya sodium juga bisa menyebabkan terbentuknya batu ginjal dan bisa menyebabkan sakit perut, masalah kencing, dan mual-mual. Inilah salah satu kebiasaan yan dapat merusak ginjal namun jarang disadari kebanyakan orang.

2. Penggunaan Obat Penghilang Nyeri yang Berkepanjangan
Penggunaan jangka panjang obat penghilang rasa sakit (pain killer) non steroid dapat menyebabkan kerusakan ginjal parah. Bahkan bisa menyebabkan kegagalan total atau organ ginjal tidak berfungsi sama sekali.

3. Mengonsumsi Daging Secara Teratur
Tanpa Disadari, kebiasaan mengonsumsi daging secara teratur ternyata juga dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Daging kaya protein dan efeknya dapat menyebabkan pembentukan asam berlebih di dalam sistem metabolisme tubuh. Dampak selanjutnya dapat menyebabkan asidosis, dimana ginjal tidak lagi bisa mengolah asam dalam tubuh pada tingkat normal.

4. Konsumsi Soda Berlebihan
Penelitian membuktikan bahwa ada korelasi langsung antara mengonsumsi minuman bersoda berlebihan dan masalah-masalah yang berkaitan dengan kerusakan ginjal. Orang yang minum lebih dari 2 gelas minuman bersoda sehari 30% lebih rentan terkena penyakit ginjal.

5. Kurang Minum Air Putih
Tidak minum air putih dalam jumlah cukup setiap hari juga dapat menyebabkan kerusakan ginjal parah. Memenuhi asupan air putih sehari-hari membantu ginjal melakukan fungsinya dengan lebih baik dan juga membantu mengeluarkan sisa-sisa racun dalam tubuh baik melalui urin maupun keringat.


√Baca Juga√

Loading...