Home » Kesehatan» Ramuan Herbal» 7 Cara Mengecilkan Pori-pori Lebar (Bopeng) dengan Bahan Alami

7 Cara Mengecilkan Pori-pori Lebar (Bopeng) dengan Bahan Alami

. . Tidak ada komentar:
⧪⧪Tips Mengobati Bopeng dengan Ramuan Alami Tanpa Efek Samping⧪⧪

Ramuan alami untuk mengecilkan pori-pori wajah
Ramuan alami untuk mengecilkan pori-pori wajah
Kulit adalah organ tubuh paling luar dan terbesar yang kita miliki. Selain berfungsi untuk melindungi organ-organ tubuh bagian dalam, kulit juga bertindak sebagai sistem ekskretoris, menghilangkan keringat dan minyak berlebih dari tubuh kita. Hal ini juga bermanfaat untuk menjaga agar tubuh kita tetap dingin atau tetap pada suhu normalnya.

Kulit kita berkeringat melalui lubang-lubang kecil di permukaannya atau disebut dengan por-pori kulit. Diibaratkan pori-pori itu seperti organ pernapasan untuk kulit kita. Jika ada satu lubang pori-pori yang tersumbat, maka akan menyebabkan dan timbul yang namanya jerawat.

Semakin kencang kulit seseorang, maka lubang pori-porinya akan semakin tidak terlihat. Namun karena berbagai alasan, lubang pori-pori tersebut terlihat membesar dan sangat jelas sekali jika diamati meskipun dari jarak yang cukup jauh. Melebarnya lubang pori-pori bisa disebabkan karena berbagai alasan seperti stres, genetik, penanganan jerawat yang tidak tepat, atau bisa juga karena terkena paparan sinar matahari yang berkepanjangan. Ini terutama buat mereka yang pekerjaannya sering di luar lapangan, maka harus rajin-rajin menjaga kesehatan kulitnya.

Seiring bertambahnya usia, kulit kita akan semakin kehilangan elastisitasnya, yang juga berkontribusi pada terjadinya lubang pori-pori yang semakin membesar. Terlebih jika kita malas atau kurang perhatian terhadap kulit, maka efeknya akan semakin cepat terlihat. Lubang pori-pori yang terbuka lebar di wajah sangat tidak sedap dipandang mata. Selain itu, kulit yang demikian itu juga lebih rentan terkena jerawat dan komedo.

Lubang pori-pori yang membesar atau disebut juga bopeng juga akan membuat kita terlihat lebih tua. Meskipun tidak mungkin untuk membuat lubang pori-pori hilang sama sekali, kita bisa mengecilkannya dengan cara-cara atau ramuan-ramuan khusus sehingga kulit akan terlihat lebih kencang dan awet muda. Kita bisa membuat sendiri ramu-ramuan tradisional alami yang tidak memiliki efek samping khusus karena kita bisa tahu sendiri campuran bahan-bahan apa saja yang digunakan.

Baik langsung saja ya, berikut ini beberapa cara pengobatan alami untuk menyusutkan lubang pori-pori di kulit wajah yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Bahan-bahan untuk membuatnya cukup mudah didapat kok, yang penting penting kita niat dan mau sedikit berusaha.

1. Ramuan Tomat
Tomat secara alami mengandung zat astringent atau senyawa yang dapat menciutkan pori-pori kulit. Adapun cara membuatnya, Anda cukup menyiapkan satu buah tomat segar, lalu haluskan boleh dengan mesin blender atau dicacah-cacah. Setelah itu tomat tersebut Anda gosok dan oleskan secara merata di wajah sembari dipijat-pijat dengan lembut. Biarkan selama satu jam. Baru kemudian dicuci bersih dengan air hangat, tapi pada bilasan terakhir harus dengan air dingin. Lakukan ini selama 10-15 hari, maka Anda akan melihat perubahan yang luar biasa.

2. Ramuan Baking Soda
Baking soda sangat efektif menghilangkan kotoran dari pori-pori yang tersumbat sekaligus menghilangkan sel-sel kulit mati. Untuk membuatnya. Anda perlu menyiapakan bahan-bahan:
- 2 sendok makan baking soda;
- 1 sendok makan air bersih.

Adapun cara pengaplikasiannya adalah:
- Buat pasta menggunakan baking soda dan air ke dalam sebuah wadah (mangkuk);
- Oleskan ke wajah dan biarkan selama kurang lebih 15-20 menit.
- Langkah rerakhir, cucci bersih dengan air dingin.

3. Ramuan Buttermilk
Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan diantaranya:
- 3 sendok makan buttermilk;
- ½ sendok teh garam laut.

Cara pengaplikasiannya:
- Campur buttermilk (susu mentega) dengan garam, aduk-aduk selama beberapa saat sampai benar-benar menyatu dan merata;
- Oleskan ke wajah dengan sikat lembut dan diamkan selama kurang lebih 10-15 menit;
- Cuci bersih dengan air dingin.

4. Ramuan Gula Coklat (Brown Sugar)
Gula coklat sangat efektif untuk membantu mempercepat proses eksfoliasi kulit, yang efeknya juga dapat mengecilkan pori-pori yang melebar. Untuk membuatnya, Anda perlu menyiapkan bahan-bahan:
- 2 sendok makan gula merah;
- 1 sendok makan minyak zaitun.

Cara pengaplikasiannya:
- Campurlah kedua bahan ke dalam mangkuk;
- Gunakan sebagai scrub pada wajah dan lakukan pijatan-pijatan ringan dengan gerakan melingkar selama 5 menit;
- Cuci bersih wajah dengan air dingin.

5. Ramuan Air Mawar dan Jus Mentimun
Mentimun juga memiliki sifat astringent yang dapat mengecilkan pori-pori secara alami. Sementara air mawar dapat menyeimbangkan tingkat pH wajah dan memiliki beberapa sifat anti-bakteri. Kombinasi dari keduanya akan menjadi formula ajaib yang dapat menghilangkan masalah bopeng di wajah anda.  Bahan-bahannya:
- 3 sendok makan air mawar;
- 3 sendok makan jus mentimun.

Cara pengaplikasiannya:
- Campur kedua bahan ke dalam mangkuk;
- Oleskan ke wajah dan biarkan selama 15 menit;
- Cuci bersih dengan air dingin.

6. Ramuan Kulit Jeruk
Bahan-bahan yang terlebih dahulu dipersiapakan anatara lain:
- Satu buah kulit jeruk yang sudah dikeringkan;
- 2 sendok makan air mawar.

Cara pengaplikasiannya:
- Deplok atau giling kulit jeruk menjadi bubuk halus;
- Setelah menjadi bubuk, campur dengan air mawar untuk membuat adonan pasta;
- Oleskan ke wajah dan biarkan mengering selama kurang lebih 10-15 menit;
- Cuci bersih dengan air dingin.

7. Bubuk Cendana dan Bubuk Kunyit (Kunir)
Bubuk cendana memiliki sifat pendinginan alami pada kulit bahkan lebik daripada es untuk mengecilkan pori-pori. Sementara bubuk kunyit adalah anti-bakteri hebat yang akan menghilangkan kotoran dan bakteri di kuit. Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan:
- 1 sendok makan bubuk cendana;
- 1 sendok teh kunyi bubuk;
- 1 sendok makan air tawar.

Cara pengaplikasiannya:
- Campur bubuk cendana dan kunyit menjadi satu;
- Buatlah pasta dengan campuran air mawar;
- Oleskan ke wajah layaknya masker dan biarkan mengering selama 15-20 menit;
- Bilas sapai bersih dengan air dingin.

Semua cara-cara di atas dapat dilakukan secara rutin setiap hari (satu kali dalam sehari) sampai Anda merasakan adanya perubahan seperti yang diharapkan.

√Baca Juga√

Loading...