Home » Sains» Unik» Cara Membuat Nyala Api Berwarna-warni Seperti Pelangi

Cara Membuat Nyala Api Berwarna-warni Seperti Pelangi

. . Tidak ada komentar:
Kobaran api warna-warni
Kobaran api yang berwarna-warni
Nyala api yang kita tahu umumnya berwarna kuning agak kemerah-merahan. Namun dengan sedikit bereksperimen, kita bisa membuat variasi warna pada api menjadi seperti merah, kuning, hijau, biru, layaknya pelangi. Api berwarna pelangi ini juga bisa digunakan untuk menyemarakkan suasana atau festival perayaan pada acara-acara tertentu.

Untuk membuat warna api menjadi indah seperti pelangi, maka Anda perlu melakukan percobaan kimiawi dengan mengombinasikan beberapa bahan-bahan berikut ini:
  • Untuk menghasilkan nyala api berwarna kuning, buat campuran dari air hangat dengan garam dapur;
  • Untuk membuat nyala api warna hijau kapur yang menawan, buat campuran dari air hangat dengan borax;
  • Untuk membuat nyala api berwarna orange, buat campuran dari garam batu atau kalsium klorida;
  • Untuk membuat nyala api berwarna ungu, buat campuran dari air hangat dengan Potassium Chloride (Potassium chloride adalah bahan utama pengganti garam non-sodium).
Gunakan takaran air secukupnya untuk melarutkan bahan-bahan di atas. Setelah benar-benar larut, campuran digunakan untuk mengolesi batang kayu yang akan dibakar atau bisa juga dicelupkan langsung pada satu bagian, sementara pada bagian kayu lainnya untuk diolesi dengan campuran warna lainnya. Jadi tujuannya agar pada satu batang kayu tersebut bisa tercipta nyala api berwarna-warni yang dihasilkan dari campuran kimiawi berbeda.

Setelah proses pengolesan selesai, batang kayu kemudian dijemur seperlunya sampai kering sebelum digunakan atau dibkar nantinya. Bahan-bahan campuran seperti garam garam bisa Anda peroleh di toko-toko bahan makanan (pastikan mengandung potassium chloride). Sementara borax biasa digunakan sebagai campuran sabun cuci pakaian, bisa Anda dapatkan di toko yang menjual bahan-bahan deterjen atau tokok kimia.

Baca Juga

Loading...