Home » Kesehatan» Ramuan Herbal» Cara Membuat Sendiri Obat Pembasmi Kutu Rambut Organik

Cara Membuat Sendiri Obat Pembasmi Kutu Rambut Organik

. . Tidak ada komentar:
Minyak kelapa
Minyak kelapa
Meskipun tingkat kesadaran diri masyarakat akan kebersihan sudah jauh lebih baik dari sebelumnya, namun nyatanya masih adapula sebagian orang yang memiliki masalah kutu rambut. Ya, penyebab munculnya kutu rambut memang bisa disebabkan karena kurangnya seseorang menjaga kebersihan diri terutama rambut. Namun selain itu, masalah kutu rambut juga bisa disebabkan karena tertularnya bibit kutu dari orang lain yang hinggap di kepala kita.

Kutu rambut adalah serangga tanpa saya berukuran kecil (kira-kira seukuran biji wijen), yang biasa ditemukan hidup di rambut kepala manusia. Mereka memperoleh makanan dengan menghisap dari kulit kepala dan menempelkan telurnya (disebut nits) ke batang-batang rambut. Satu ekor kutu betina bisa menelurkan 100 butir telur sepanjang hidupnya. Telur-telur tersebut biasanya akan menetas dalam kurun waktu 7-10 hari. Wabah kutu rambut cukup umum terjadi pada anak-anak usia sekolah. Penyebarannya bisa langsung dari kontak kepala ke kapala, serta melalui benda-benda seperti alas tidur dan mainan.

Untuk membuat obat pembasmi kutu rambut yang cukup efektif, bebas kimiawi, dan tanpa efek samping, caranya cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan cairan cuka sari apel dan sebagai tambahan minyak kelapa secukupnya. Berikut ini prosedur dan tata cara pembuatannya:

Bahan-bahan
- 1 cangkir minyak kelapa (coconut oil);
- 4 cangkir cuka sari apel;
- Seprai lap bersih yang telah dibilas dengan air hangat.

Pertama-tama, lipat kain lap terlebih dahulu menjadi setengah bagian. Setelah itu minta yang bersangkutan (bisa anak anda atau saudara lainnya yang memiliki kutu rambut) untuk memegang lap menghadap matanya. Bilas rambut dan kulit kepala yang ada kutunya dengan air hangat, lalu oleskan cuka sari apel secukupnya sampai menutupi seluruh rambut di kepala. Harap hari-hati ya, jangan sampai mengenai mata. Sisir rambut perlahan-lahan untuk memastikan cairan cuka benar-benar menyatu ke seluruh bagian rambut dan kepala.

Tahap selanjutnya, rambut didiamkan selama beberapa saat, jangan dibilas. Biarkan cuka sari apel mengering di rambut. Dalam hal ini, cuka berfungsi sebagai “lem” yang dapat mengikat telur kutu ke folikel rambut. Begitu cuka sudah benar-benar kering di rambut, oleskan minyak kelapa ke rambut hingga merata seperti sebelumnya.

Sedikit lagi, langkah selanjutnya tutupi rambut dengan topi mandi atau bungkus rambut dan biarkan selama beberap jam lamanya. Perlu waktu beberapa saat agar minyak kelapa bereaksi dan membunuh para kutu rambut di kepala. Terakhir sisirlah rambut dengan sisir kutu untuk menghilangkan sisa-sisa telur yang mungkin menempel pada folikel rambut. Jangan lupa, setelah itu rambut dishampo seperti biasanya.

√Baca Juga√

Loading...