Home » Lainnya» Cara Membuat Sendiri Sabun Cuci Piring Gel dengan Bahan Alami

Cara Membuat Sendiri Sabun Cuci Piring Gel dengan Bahan Alami

. . Tidak ada komentar:
Sabun cuci piring buatan sendiri
Membuat sendiri sabun cuci piring
Untuk mencuci perabotan dapur di rumah, rasanya kurang bersih dan puas jika tidak menggunakan sabun cuci piring. Memang betul , dengan adanya sabun cuci tersebut maka pekerjaan bersih-bersih akan jadi lebih mudah. Terutama jika piring yang dicuci mengandung banyak minyak bekas makanan, pasti akan terlalu susah membersihkannya tanpa menggunakan sabun cuci. Karena salah satu fungsi utama dari sabun cuci itu sendiri adalah untuk membersihkan sisa-sisa minyak yang cukup susah bila dibersihkan secara manual menggunakan gosokan tangan atau kain saja.

Sebenarnya tidak susah kok untuk membuat sabun cuci piring sendiri, yang penting mau sedikit berusaha untuk melakukannya. Daripada harus membeli yang ada di pasaran, tentunya kita bisa sedikit lebih berhemat. Selain itu, sabun cuci piring buatan sendiri ini juga terbuat dari bahan-bahan alami, yang pastinya akan lebih aman dan terjamin kesehatannya buat Anda sekeluarga.

Untuk membuat sabun cuci piring berbahan alami ini, yang perlu Anda butuhkan diantaranya:

- 3 buah lemon;
- 1 gelas garam Kosher (ini garam khusus, silahkan cek lebih lanjut);
- 2 gelas air (kurang lebih 300 cc/ml)
- ½ gelas cuka putih.

Potong buah lemon menjadi potongan kecil-kecil (buang bijinya), masukkan ke dalam blender bersamaan dengan 2 gelas air yang telah dipersiapkan. Giling sampai menjadi benar-benar halus dan lembut. Setelah itu, pindahkan campuran ke wadah lain (panci) dan tambahkan garam beserta cuka ke dalamnya. Selanjutnya, hasil campuran tersebut kemudian dipanaskan di atas kompor dengan api sedang, sesekali 12-15 menit campuran diaduk-aduk untuk memastikan garam dan adonan lain terlarut.

Angkat dari pemanas (kompor) dan biarkan selama beberapa saat sampai menjadi dingin. Setelah dingin, pindahkan ke sebuah wadah (stoples) dengan penutup plastik. Hindari menggunakan tutup logam karena akan terjadi korosi dengan cepat. Cara menggunakannya sama seperti saat Anda menggunakan sabun cuci piring biasa. Selamat mencoba dan berkreasi, semoga bermanfaat...

√Baca Juga√

Loading...