Home » Hobi» Cara Menghitung Jumlah Tebar Iklan Lele di Kolam yang Ideal

Cara Menghitung Jumlah Tebar Iklan Lele di Kolam yang Ideal

. . Tidak ada komentar:
Kolam ikan
Kolam ikan
Dibandingkan dulu dimana orang masih mencari ikan air tawar secara manual dengan memancing atau memungut di sungai dan area pesawahan, saat ini masyarakat sudah mulai banyak yang beralih membudidayakan ikan air tawar sendiri termasuk lele di rumah-rumah. Tujuannya pun relatif, ada yang untuk dijual dan ada pula yang dikonsumsi sendiri sehari-hari. Budidaya ikan air tawar bisa menjadi hiburan tersendiri bagi pemiliknya dan juga bernilai bisnis tentunya.

Salah satu problematik yang masih menjadi kebingungan banyak pembudidaya ikan lele pemula adalah bagaimana cara menentukan jumlah ekor ikan yang harus ditebar dalam suatu kolam tertentu. Ada yang berasumsi jumlah sekian ekor terlalu padat dan di lain sisi, ada orang yang terbar jumlah padat dengan ukuran kolam sama ternyata ikannya hidup dan sehat-sehat. Selain jumlah padat tebar ikan, memang ada beberapa faktor lain yang bisa memengaruhi seperti faktor alam, makanan, dan kondisi air. Ingat, ikan juga makhluk hidup yang bernyawa layaknya manusia.

Sedikit berbagi tips dan solusi untuk memecahkan problematik di atas, disini saya membuat rumus sederhana untuk mengetahui kapasitas daya tampung suatu kolam ikan lele, memanfaatkan pelajaran matematika SMP dulu. Misalkan kita punya sebuah kolam berbentuk kotak persegi panjang dengan ukuran 2 x 5 x 1 meter, kira-kira kolam tersebut muat berapa ekor ikan lele ya?.

Cara menghitungnya cukup sedrhana, kita cari terlebih dahulu volume maksimum kolam ikannya. Contoh di atas kita rubah terlebih daulu ukurannya dari meter menjadi centimeter (agar mudah saja), berarti 200 x 500 x 100 : 1000 = 10,000 liter air. Rumus untuk mencari jumlah volume liter air kolam berbentuk persegi panjang adalah P cm x L cm x T cm : 1000. Sedangkan untuk kolam bundar, kita bisa menggunakan rumus Volume =  r.r x T x 22/7, dimana r = jari-jari lingkaran, T = Tinggi. Kita asumsikan untuk ukuran ikan lele konsumsi pasar (tidak terlalu besar) satu liternya muat satu ekor. Berarti, kapasitas 10,000 liter tersebut kita bagi separohnya untuk ruang gerak ikan (semakin luas semakin bagus, pada intinya) menjadi 5000 liter.

Jadi secara logika menurut hitung-hitungan, ukuran kolam seperti pada contoh di atas dapat menampung idealnya kurang lebih 5000 ekor ikan lele ukuran konsumsi pasar. Bagaimana kalau kita isi melebihi kapasitas tersebut?. Bisa saja, namun jika kita analogikan dalam populasi suatu penduduk, maka jumlah manusianya sudah kebanyakan atau hampir melebihi luas wilayah yang ada. Dalam artian ruang gerak menjadi berkurang atau terlalu sempit dan sirkulasi oksigen di dalam airpun akan menjadi tidak leluasa. Silahkan lebih diperhitungkan secara matang-matang. Melebihkan ruang gerak dalam kolam juga bermanfaat jika ada kemungkinan ikan yg pertumbuhannya lebih cepat atau paling besar...


Semoga bermanfaat...

√Baca Juga√

Loading...