Home » Kesehatan» 7 ‘Sampah' Buah dan Sayuran Ini Memiliki Manfaat Kesehatan

7 ‘Sampah' Buah dan Sayuran Ini Memiliki Manfaat Kesehatan

. . Tidak ada komentar:
Seperti yang kita semua ketahui, buah-buahan dan sayuran sangat kaya akan nutrisi penting, yang bagus untuk kesehatan tubuh. Tapi tahukah Anda bahwa sisa kulit dari sayur dan buah-buahan yang sering orang menganggapnya sampah ternyata juga memiliki kandungan gizi tersendiri, yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Umumnya orang-orang kurang memedulikan hal ini dan langsung membuangnya begitu saja.

Faktanya, lapisan luar (kulit) buah-buahan dan sayuran juga berisi fitokimia bergizi, seperti karotenoid, yang membantu dalam mengurangi risiko penyakit, seperti jenis kanker tertentu dan masalah mata. Dengan membuang sisa-sisa makanan tersebut, berarti Anda juga telah menyia-nyiakan kandungan manfaat kesehatan di baliknya. Lebih lanjut, berikut ini beberapa sisa makanan dari buah dan sayuran yang memiliki manfaat kesehatan jika dikonsumsi.

1. Biji dan Kulit Semangka
Tahukah anda bahwa biji semangka ternyata kaya akan protein, vitamin B dan sejumlah mikronutrien seperti kalium dan zink yang dapat membantu dalam meningkatkan kesehatan jantung dan kekebalan tubuh serta menjaga kadar gula darah tetap normal. Biji-biji tersebut dapat dikonsumsi secara langsung ataupun diekstrak menjadi minyak khusus yang baik untuk kesehatan kulit dan rambut. Sementara bagian kulitnya mengandung asam amino yang berkhasiat melebarkan dan melancarkan sirkulasi darah. Kulit semangka dapat diolah menjadi minuman jus dan diminum seperti biasa.

2. Daun Strawberry
Daun strawberry secara khusus memiliki manfaat dalam memerangi bahaya radikal bebas dalam tubuh. Mengonsumsinya dalam bentuk teh juga dapat membantu menyembuhkan sakit perut.

3. Tongkol Jagung
Tongkol jagung rendah kalori, bsehingga baik untuk diabetes dan membantu mencegah penyakit mata dan penyakit yang berkaitan masalah pembuluh darah. Kandungan antioksidannya membantu mencegah kanker.

4. Kulit Lemon
Kulit lemon mengandung enzim tambahan, serat dan vitamin A yang dapat membantu memerangi kanker, meningkatkan kesehatan tulang dan menurunkan kadar kolesterol. Konsumsi bersamaan dengan yoghurt dan madu untuk menambah citarasa.

5. Biji Labu (Waluh)
Biji Labu kaya akan nutrisi likeiron, omega-3, zink, magnesium, serat, kalsium, vitamin B, dan lain-lain. Biji labu juga memiliki ssifat anti-inflamasi yang dipercaya dapat mengurangi risiko penyakit jantung, kanker dan arthritis. Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk panggangan dan mengonsumsinya sebagai camilan, dimakan menrah-mentah atau bisa juga  dijadikan salad dan sisipan roti.

6. Kulit Jeruk
Kulit Jeruk adalah sumber serat, vitamin dan flavonoid, yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melindungi kerusakan pembuluh darah dan mencegah peradangan di seluruh bagian tubuh. Kulit jeruk dapat dikonsumsi menjadi jus dan bisa ditambahkan dengan madu untuk menambah citarasa.

7. Kulit Mentimun
Kulit mentimun adalah sumber makanan serat yang membantu mengurangi sembelit dan memberi perlindungan terhadap usus besar dari kanker.

Baca Juga

Loading...