Home » Kesehatan» Peneliti Temukan Bakteri Usus Penyebab Orang Sulit Langsing

Peneliti Temukan Bakteri Usus Penyebab Orang Sulit Langsing

. . Tidak ada komentar:
Bakteri usus
Ilustrasi bakteri usus
Memilili tubuh yang langsing dan ideal adalah dambaan semua orang, tak terkecuali baik pria maupun wanita. Penelitian terbaru menemukan bahwa ternyata bukan hanya diet saja tapi ada sejumlah hal lain yang dapat menyebabkan orang sulit menurunkan berat badan. Para peneliti menemukan bahwa bakteri usus ada kaitannya dengan seberapa banyak berat badan yang mampu dikurangi seseorang dalam keadaan tertentu.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Department of Nutrition, Exercise and Sports, ditemukan bahwa bakteri usus manusia memiliki keterkaitan khusus dengan peningkatan prevalensi kelebihan berat badan dan obesitas. Hasil penelitian menyimpulkan adanya spesies bakteri tertentu yang berperan besar dalam mengontrol berat badan sekaligus kemampuan tubuh untuk menurunkannya.

Menurut peneliti, masalah ketidakseimbangan (bakteri) usus sebenarnya masih dapat diperbaiki melalui diet khusus, yaitu dengan meningkatkan asupan pre dan probiotik. Pada artikel ini, kami juga mencantumkan beberapa faktor lain yang dapat memengaruhi masalah penurunan berat badan. Berikut semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita bersama.

1. Masalah Genetik
Beberapa orang memiliki predisposisi genetik tertentu yang membuat mereka tidak memiliki kesulitan khusus dalam menurunkan berat badan. Menurut sebuah ulasan, mutasi gen tertentu memiliki kaitan dengan obesitas pada manusia.

2. Tingkat Metabolik
Tingkat metabolik juga merupakan faktor yang berkaitan dengan genetika. Tingkat metabolisme menentukan seberapa baik tubuh kita membakar kalori, baik diwaktu istirahat ataupun saat aktif. Kesehatan metabolisme juga dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi makanan tertentu atau berolahraga.

3. Tingkat Aktivitas
Bahkan meskipun seseorang memiliki masalah genetik yang mungkin dapat menghambat penurunan berat badan, aktivitas fisik yang konsisten akan membakar kalori dan membantu meningkatkan level metabolisme. Aktivitas fisik sangat berpengaruh terhadap banyak faktor kesehatan tubuh seseorang secara menyeluruh.

4. Apa yang Kita Makan
Tingkat aktivitas dan jenis makanan seperti apa yang kita makan sehari-hari dapat menentukan kenaikan berapa berat badan. Tubuh memetabolisme (mengolah) kalori secara berbeda tergantung dari mana asalnya. Jadi makanan yang tinggi serat dan mengandung protein tanaman akan bermanfaat bagi kesehatan metabolisme tubuh kita.

5. Lingkungan Sekitar
Lingkungan sekitar dimana kita kita tinggal ternyata juga memiliki pengaruh tersendiri. Jika lingkungan memiliki atau dekat dengan fasilitas kesehatan seperti gym, maka kemungkinan besar Anda akan dengan mudah menurunkan berat badan atau memiliki bentuk tubuh ideal yang diinginkan. Dibandingkan dengan mereka yang tinggal di daerah terpencil atau jauh dari fasilitas-fasilitas olahraga. Hal inilah yang dinamakan dengan faktor kecenderungan psikologis.

Baca Juga

Loading...