Home » Kesehatan» Benarkah Sering Buang Air Kecil Tanda Kesehatan Bermasalah?

Benarkah Sering Buang Air Kecil Tanda Kesehatan Bermasalah?

. . Tidak ada komentar:
Beberapa orang mengatakan bahwa sering bolak-balik ke toilet untuk buang air kecil merupakan pertanda adanya masalah atau gangguan kesehatan, benarkah demikan?. Tergantung situasi dan kondisi, dilihat dari seberapa banyak jumlah buang air kecil dalam sehari juga bisa menentukan bagaimana sehat atau tidak sehatnya seseorang. Berikut ini fakta medis yang berkaitan normal atau tidaknya frekuensi buang air kecil.
Papan toilet
Ilustrasi, papan penunjuk ke toilet
Berapa Jumlah Normalnya Buang Air Kecil dalam Sehari?
Secara umum, normalnya frekuensi buang air kecil dalam sehari antara 4 sampai 10 kali. Rata-rata kandung kemih tubuh kita hanya bisa menampung kapasitas air urin sekitar 2 gelas saja dan bertahan selama 3-5 jam sebelum akhirnya dibuang lewat buang air kecil.

Gejala Buang Air Kecil yang Tidak Normal Seperti Apa?
Jika saat buang air kecil disertai dengan sensasi rasa nyeri atau panas seperti terbakar di perut bagian bawah (kandung kemih), maka Anda perlu khawatir dan tidak boleh menyepelekan gejala tersebut. Ditambah lagi, jika Anda buang air kecil lebih dari jumlah rata-rata dalam sehari maka hal itu bisa menjadi masalah. Bahkan frekuensi buang air kecil yang terlalu sering juga bisa menandakan adanya masalah kesehatan yang cukup serius.

Berapa Kali Normalnya Buang Kecil di Malam Hari?
 Jika Anda memiliki kebiasaan bangun hanya sekali di malam hari untuk buang air kecil, maka hal itu termasuk normal. Beberapa orang ada yang tidak bangun sampai pagi hari dan itu termasuk normal juga. Banyak minum sebelum tidur juga bisa memengaruhi frekuensi buang air kecil di malam hari. Oleh karena itu, disarankan agar tidak makan atau minum apapun 3 jam sebelum tidur.

Kapan Saatnya Berkonsultasi dengan Dokter?
Jika kebiasaan kencing tiba-tiba berubah tanpa alasan yang jelas, maka hal ini bisa dikonsultasikan dengan dokter untuk memastikan kondisi tersebut normal atau pertanda suatu penyakit. Sering bangun hingga beberapa kali (tidak seperti biasanya) untuk buang air kecil di malam hari juga pertanda kurang baik, silahkan bicarakan dengan dokter memastikan kondisi kesehatan anda.

Tanda-tanda Infeksi Saluran Kemih
Jika merasa ingin buang air kecil lagi padahal Anda baru saja ke toilet, maka hal itu bisa menjadi satu pertanda. Buang air kecil yang disertai dengan sensasi sakit seperti terbakar, buang air tidak lancar (keluar sedikit-sedikit), warna urin lebih gelap dan berbau menyengat, tubuh terasa letih, lemah, dan lesu, dan hal ini berlangsung lebih dari seminggu, maka sudah jelas ada gangguan infeksi pada saluran kemih. Segera konsultasikan pada dokter spesialis atau ahlinya.

Baca Juga

Loading...