Home » Kesehatan» Lima Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Perut Kosong

Lima Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Perut Kosong

. . Tidak ada komentar:
Perut kosong adalah kondisi dimana kita belum mengonsumsi makanan apapun setelah melewati beberapa jam lamanya, biasanya saat bangun tidur di pagi hari. Masing-masing orang tentunya memiliki rutinitas pagi yang berbeda-beda, ada yang terbiasa minum secangkir kopi setelah bangun tidur, olahraga lari pagi, atau bahkan langsung bergegas dan bersiap-siap untuk berangkat kerja.
Perut kosong
Ilustrasi, seorang wanita merasa lapar (Image source)
Terlepas dari itu semua, ada beberapa hal yang seharusnya tidak boleh dilakukan dalam keadaan perut masih kosong karena dampaknya kurang baik bagi kesehatan. Adapun diantaranya seperti yang dijelaskan di bawah ini:

1. Mengonsumsi Obat Anti Inflamasi (Peradangan)
Obat sejenis anti inflamasi tidak dapat dikonsumsi pada waktu perut masih kosong, karena efeknya bisa menyebabkan masalah kesehatan serius. Masalah kesehatan tersebut misalnya seperti pendarahan lambung dan efektivitas dari obat itu sendiri juga bisa berkurang.

2. Minum Kopi
Minum kopi pada waktu perut masih kosong akan merangsang produksi asam berlebih yang dapat menyebabkan mulas dan masalah saluran pencernaan kronis. Minum kopi adalah salah satu hal yang harus dihindari pada saat perut kosong.

3. Minum Alkohol
Dalam kondisi apapun, minum-minuman keras termasuk alkohol efeknya tetap tidak baik bagi kesehatan tubuh dan pikiran. Namun dampaknya akan lebih parah jika diminum pada saat perut belum terisi. Tingkat penyerapan alkohol meningkat 2%, jika diminum saat perut masih kosong. Alkohol yang masuk ke dalam perut akan dicerna lebih lambat dan akibatnya dapat menimbulkan efek mabuk yang parah. Tidak sedikit kasus dimana orang yang mabuk kemudian tewas di tempat kejadian, salah satu penyebabnya adalah hal semacam ini.

4. Mengunyah Permen Karet
Kandungan asam tinggi yang diproduksi oleh permen karet dapat merusak lapisan dinding perut. Hal ini lantas akan menyebabkan terjadinya gastritis atau masalah sakit (lambung) perut. Mengunyah permen karet sebelum makan adalah salah satu kebiasaan kurang sehat yang harus dihindari.

5. Beranjak Tidur
Rasa lapar dan rendahnya kadar glukosa dalam tubuh dapat memengaruhi kualitas tidur seseorang. Jadi tidur dalam keadaan perut belum terisi malah akan menyebabkan tidur kita tidak nyenyak atau terganggu. Ironisnya, kurang tidur justru juga bisa meningkatkan hormon rasa lapar.

√Baca Juga√

Loading...