Home » Kesehatan» Unik» Trik Sederhana Cek Kondisi Kesehatan Tubuh dalam 1 Menit

Trik Sederhana Cek Kondisi Kesehatan Tubuh dalam 1 Menit

. . Tidak ada komentar:
Tes darah
Ilustrasi tes darah
Kesehatan adalah kebutuhan mutlak yang harus dimiliki dan dijaga oleh semua orang. Tanpa tubuh yang sehat tentu kita tidak akan bisa menikmati kehidupan ini dengan semestinya. Salah satu upaya yang bisa kita lakukan adalah dengan menjalani pola hidup sehat dan senantiasa memantau kondisi kesehatan dari waktu ke waktu. Sebagian besar dari kita biasanya akan langsung merujuk ke dokter untuk melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan tertentu.

Tapi tahukah Anda bahwa sebenarnya ada cara yang cukup sederhana untuk melakukan pemeriksaan kesehatan sendiri tanpa perlu meninggalkan rumah? Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengambil sebuah sendok. Sendok ini kemudian Anda gunakan untuk mengikis atau mengerik di seluruh permukaan lidah, yang sudah terbasahi dengan air liur. Selanjutnya, masukkan sendok ke dalam kantong plastik transparan dan letakkan di bawah cahaya terang, sinar matahari atau lampu di rumah anda.

Tunggulah selama kira-kira satu menit dan setelah itu, lakukan analisa terhadap sendoknya. Sendok yang bersih tanpa noda atau tidak berbau (tak sedap) berarti Anda tidak memiliki masalah dengan kondisi kesehatan organ dalam. Tapi jika ada bau atau noda, maka Anda perlu membaca penjelasannya yang kami rangkum dari Boldsky berikut ini.

1. Berbau busuk dan tidak sedap
Jika sendoknya berbau busuk dan tidak sedap, berarti hal ini menunjukkan adanya masalah kesehatan pada paru-paru atau perut.

2. Beraroma Manis
Seperti dilansir Boldsky, jika sendoknya memiliki aroma atau berasa manis, hal ini menunjukkan bahwa Anda mungkin telah menderita diabetes. Baiknya segera periksakan ke dokter untuk memastikan kondisi kesehatan yang sebenarnya. Disana akan dilakukan tes darah untuk mengetahui sudah seberapa parah penyakit diabetes yang Anda derita untuk diberikan pengobatan yang tepat.

3. Berbau seperti amonia
Jika hasil tes memperlihatkan adanya bau aneh mirip seperti amonia, berarti Anda mungkin memiliki masalah dengan ginjal.

4. Muncul noda berwarna putih dan kuning
Jika Anda menemukan noda berwarna putih dan kuning dengan lapisan tebal, maka hal itu menunjukkan adanya masalah dengan disfungsi kelenjar tiroid.

5. Muncul noda berwarna ungu
Noda berwarna ungu bisa mengindikasikan bahwa Anda mungkin telah menderita bronkitis, sirkulasi darah yang buruk dan kadar kolesterol tinggi.

6. Muncul noda berwarna putih
Noda berwarna putih merupakan tanda adanya infeksi saluran pernafasan.

7. Muncul noda berwarna oranye
Jika pada hasil tes muncul noda berwarna oranye seperti jeruk, maka hal ini bisa menunjukkan adanya masalah yang terjadi pada ginjal. Untuk memastikan lebih lanjut, baiknya langsung diperiksakan ke rumah kesehatan setempat.

√Baca Juga√

Loading...