Home » Dunia» 10 Negara yang Menjual Harga Bensin Lebih Murah daripada Air

10 Negara yang Menjual Harga Bensin Lebih Murah daripada Air

. . Tidak ada komentar:
Harga bensin murah
Saudi Arabia, salah negara yang menjual bensin dengan harga murah
Harga bensin berbeda-beda di berbagai negara. Di negara-negara seperti Kuwait dan Arab Saudi, harga bensin bahkan lebih murah daripada air. Di sisi lain, harga pembelian bensin di negara-negara seperti Inggris, Belanda, Swedia, dan Turki jauh lebih mahal.

Di Indonesia sendiri, harga bensin cukup fluktuatif. Namun masih merupakan komoditas yang cukup mahal dilihat dari tingkat konsumsi kendaraan bermotor kebanyakan saat ini, terlebih jika dibandingkan dengan negara-negara lain, seperti yang tercantum di bawah ini. Hari ini, kita akan berbicara tentang beberapa tempat di dunia ini di mana harga bensin jauh lebih murah daripada harga air. Dimana saja tempatnya?

1. Venezuela
Harga bensin di Venezuela adalah yang paling murah dibanding harga-harga komoditas lainnya, dimana Anda bisa memperoleh satu liter bensin hanya dengan $0,031, atau setara dengan Rp400 perak jika diuangkan secara Rupiah. 50 persen ekonomi negara bergantung pada ekspor bensin yang memberikan kontribusi pendapatan lebih besar di negara ini.

2. Arab Saudi
Negara lain dimana harga bensin sangat murah adalah Arab Saudi. Arab Saudi dikenal sebagai negara penghasil minyak terbesar dan pengekspor bensin terbesar di dunia. Di Arab Saudi, Anda bisa mendapatkan satu liter bensin seharga $ 0,096, atau setara dengan Rp1200.

3. Libya
Libya berada di posisi ketiga dalam daftar negara dengan harga bensin paling murah. Menjadi produsen bensin kesembilan terbesar di dunia, Anda bisa mendapatkan satu liter bensin disana dengan harga hanya $0.110, atau setara dengan Rp1400 per liternya.

4. Turkmenistan
Di Turkmenistan, ada gratisan bensin bagi warga sebanyak 120 liter setiap bulannya dan oleh karena itu harga bensin di negara ini tidaklah tetap. Jika telah melebihi batas penggunaan 120 liter dalam sebulan, maka harga bensin menjadi $ 0.146, yaitu setara dengan Rp1900 per liternya.

5. Bahrain
Mayoritas pendapatan Bahrain berasal dari produksi minyak. Menjadi negara kelima yang memproduksi bensin dengan harga tetmurah, Anda bisa mendapatkan satu liter bensin di Bahrain seharga $ 0.158, yaitu Rs. 10.20.

6. Kuwait
Dikenal memiliki cadangan minyak terbesar kelima di dunia, harga rata-rata bensin di Kuwait adalah $ 0,118. Kuwait memiliki cadangan minyak sebesar 104 miliar barel, di mana harga bensin serendah $ 1,51, atau setara dengan Rp2000 per liter.

7. Qatar
Peringkat ke-7 dalam daftar negara yang memproduksi bensin termurah, industri minyak merupakan sumber pendapatan utama Qatar. Dengan cadangan lebih dari 15 miliar barel, harga bensin di Qatar adalah $ 0.182, dimana jika dikonversikan ke rupiah setara dengan Rp2400 per liternya.

8. Mesir
Saluran Suez adalah salah satu jalur penting, yang membawa satu miliar liter bensin dari Teluk Persia setiap harinya. Harga bensin per liter disana adalah $ 0,232, yang setara dengan Rp3000 per liternya. Karena adanya suasana politik yang berubah di negara tersebut, harga bensin tetap tidak dapat dipastikan saat ini.

9. Oman
Oman menghasilkan 600.000 barel bensin setiap hari, yang membuat pemerintah mengurangi harga bensin secara drastis. Rata-rata, harga bensin per liter adalah $ 0,243, atau sekitar Rp3000-an per liternya.

10. Aljazair
Salah satu produsen bensin terbesar di Afrika dan satu di antara negara-negara yang memproduksi bensin termurah di dunia, Aljazair menempati urutan kesepuluh dalam daftar ini. Rata-rata, negara tersebut memproduksi 1,2 juta barel minyak dalam sehari. 60 persen pendapatan negara berasal dari produksi minyak. Berdiri di posisi kesepuluh, harga bensin di Aljazair adalah $ 0,244, atau sekitar Rp3200-an per liternya.

Baca Juga

Loading...