Home » Kesehatan» 6 Hal Tak Terduga yang Dapat Merugikan Kesehatan Otak Kita

6 Hal Tak Terduga yang Dapat Merugikan Kesehatan Otak Kita

. . Tidak ada komentar:
Sama seperti halnya organ tubuh kita yang lain, otak juga bisa mengalami beberapa masalah terkait kesehatan yang dapat menurunkan kinerja otak itu sendiri. Ada sejumlah kebiasaan yang tidak banyak disadari orang ternyata dapat menyebabkan banyak masalah dan kerusakan pada otak selama periode waktu tertentu.
Makan junkfood
Makan junkfood
Aktivitas-aktivitas yang kita lakukan dapat mempengaruhi tubuh dengan cara-cara tertentu. Terkadang, aktivitas tersebut bisa mengganggu fungsi normal otak dan bahkan sampai merusak strukturnya secara permanen. Meskipun dampaknya tidak secara langsung, kebiasaan-kebiasaan berikut jika sering Anda lakukan setiap hari, maka secara tidak terduga-duga akan mempengaruhi kesehatan otak.

1. Kurang Komunikasi
Dari hasil sebuah penelitian ditemukan bahwa melakukan komunikasi meskipun hanya 10 menit per hari dapat meningkatkan kemampuan mental seseorang. Berbicara membantu merangsang otak dan sebaliknya, banyak diam justru dapat memburuk aktivitas otak dalam jangka panjang.

2. Konsumsi Terlalu Banyak Gula
Mengonsumsi gula dalam jumlah yang berlebihan dapat mempengaruhi faktor kinerja neurotropik otak, yang bertanggung jawab atas produksi neuron. Jadi jika Anda ingin memiliki kinerja otak yang selalu terjaga setiap saat, maka kurangi konsumsi makan makanan yang manis-manis. Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi yang manis-manis juga tidak baik bagi kesehatan tubuh yang lain.

3. Kurangnya Latihan Otak
Puncak produktivitas otak dicapai pada usia 16-25 tahun. Setelah itu, perlahan-lahan kemampuan otak akan mulai menurun. Latihan otak secara teratur dapat meningkatkan kinerja cukup signifikan, bahkan pada orang dengan kondisi demensia atau pikun.

4. Melewatkan Sarapan Pagi
Studi menunjukkan bahwa orang yang sarapan secara teratur cenderung memiliki prestasi yang lebih baik di sekolah. Melewatkan sarapan bisa menyebabkan penurunan kadar glukosa darah yang secara negatif dapat mempengaruhi fungsi otak. Inilah salah satu kebiasaan merugikan otak yang perlu Anda hindari.

5. Mengonsumsi Makanan Junkfood Berlebihan
Terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji dalam kehidupan sehari-hari dapat mempengaruhi hubungan antar sel-sel otak. Hal ini dapat mempengaruhi terbentuknya memori jangka pendek dan jangka panjang.

6. Menutupi Kepala Saat Tidur
Saat kita tidur dengan kepala tertutup selimut, maka sama halnya kita telah mengurangi jumlah oksigen yang masuk ke dalam tubuh kita. Dalam hal ini, kita menghirup udara yang sudah jenuh dengan karbon dioksida. Inilah salah satu kebiasaan yang tak terduga ternyata bisa merusak kesehatan otak.

Selain yang sudah umum diketahui seperti kurang tidur, mengonsumsi minum-minuman keras, kurang olahraga, dan lain-lain, di atas adalah beberapa hal yang tak banyak disadari orang dan tidak terduga ternyata juga dapat merugikan kesehatan otak jika sering dilakukan setiap hari. Otak adalah organ terpenting yang mengendalikan seluruh bagian tubuh, sehingga penting bagi kita agar selalu menjaga kesehatannya. Sedikitpun ada masalah pada otak, maka dampaknya bisa menjalar pada bagian-bagian tubuh lainnya. 

Baca Juga

Loading...