Home » Kecantikan» Cara Membuat Minyak Lulur Wajah dan Tubuh Sesuai Jenis Kulit

Cara Membuat Minyak Lulur Wajah dan Tubuh Sesuai Jenis Kulit

. . Tidak ada komentar:
Sebelum kita ke pokok utama topik pembahasan bagaimana cara membuat minyak lulur untuk wajah dan tubuh,  penting diketahui mengapa kulit memerlukan pembersihan minyak dengan lulur ini. Kulit adalah organ terbesar dan paling luar di tubuh yang senantiasa memerlukan perawatan agar kesehatan dan keindahannya selalu terjaga. Salah satu upaya yang bisa kita lakukan adalah dengan melakukan perawatan minyak lulur ini secara rutin.
Lulur wajah
Ilustrasi lulur wajah
Karena minyak pada dasarnya bersifat cair, sehingga mudah menembus kulit dan melenyapkan semua kotoran yang tersumbat pada pori-pori kulit. Pembersihan dengan minyak lulur ini bisa dilakukan pada semua jenis kulit dan pastinya menunjukkan hasil. Tergantung jenis kulit apakah berminyak, kering, atau kombinasi, nanti akan ada tersendiri bahan-bahan campuran untuk membuatnya. Selain membersihkan kulit dari semua kotoran, minyak lulur ini juga memberikan efek yang melembabkan pada kulit. Jadi pertama-tama, tentukan dulu jenis kulit Anda seperti apa. Bisa baca artikel Cara Praktis Mengetahui Jenis Kulit. Setelah itu, buatlah minyak lulur dengan bahan-bahan sesuai jenis kulit yang Anda miliki seperti berikut:

Kulit Kombinasi: Minyak jarak / Hazelnut Oil dengan campuran minyak bunga matahari/minyak kelapa;
Kulit berminyak: Minyak jarak/hazelnut oil dengan campuran minyak bunga matahari/minyak kelapa;
Kulit Kering: Zaitun / Kastor / Hazelnut Oil dengan campuran minyak bergizi seperti jojoba, flaxseed, argan atau alpukat.

Cara Melakukan Lulur Wajah dan Tubuh
Terlebuh dahulu pastikan wajah kering sebelum mulai melakukan pembersihan dengan minyak lulur. Jadi, baiknya dilakukan pada sore hari sehabis beraktivitas seharian dimana saat itu kulit banyak ditempeli debu dan kotoran dari luar. Sekaligus juga membersihkan wajah dari sisa-sisa makeup yang masih menempel, sehingga memastikan kulit benar-benar bersih dari semua kotoran yang menyebabkan kuman dan penyumbatan pori-pori kulit.

Sebelum itu, Anda juga memerlukan sehelai kain putih bersih dan air hangat secukupnya dan tuang ke dalam gelas. Kita memerlukan ini nanti segera setelah melakukan lulur minyak. Pastikan air sudah menjadi hangat suam-suam kuku saat Anda menerapkannya di wajah dan tubuh. Ikuti prosedur berikut untuk melakukan lulur minya pada kulit wajah dan tubuh:

-  Ambil minyak secukupnya yang telah Anda buat sesuai dengan jenis kulit. Ratakan minyak pada kedua telapak tangan sebelum dioleskan ke wajah dan tubuh. 

- Oleskan minyak ke seluruh bagian kulit, terutama fokus pada area yang Anda anggap paling kotor.

- Selanjutnya pijatlah dalam gerakan melingkar untuk bagian wajah dan perut. Untuk tangan dan kaki, Anda dapat mengikuti pola linier atau lurus. 

- Lanjutkan melakukan ini, sampai dirasa kulit telah jenuh dan minyaknya juga telah meresap pada pori kulit. Begitu kulit sudah berlumuran drngan minyak, ambil kain putih, rendam dalam air hangat yang sudah dipersiapkan tadi dan peras.

- Sekarang, tempatkan kain putih di area di mana Anda mengoleskan minyak dan biarkan selama kurang lebih 10 menit. Pada bagian tubuh, Anda bisa menggunakan handuk untuk melakukan proses ini.

- Terakhir, dengan menggunakan tissue atau cotton pad, bersihkan semua daerah tempat Anda memijat minyak tadi.

- Setelah ini kulit dibiarkan saja, maksudnya jangan dicuci, dibersihkan atau dilembabkan (misalnya dengan uap air hangat) sampai hari berikutnya. Lakukan perawatan ini rutin setiap hari, Anda akan merasakan kulit menjadi lebih segar, sehat, dan berseri-seri.

Baca Juga

Loading...