Home » Kesehatan» Sembuhkan Sakit Kepala dalam 5 Menit Tanpa Obat, Begini Caranya

Sembuhkan Sakit Kepala dalam 5 Menit Tanpa Obat, Begini Caranya

. . Tidak ada komentar:
Titik akupresur sakit kepala
Titik akupresur sakit kepala
Sakit kepala adalah penyakit umum yang dialami oleh hampir semua orang. Rutinitas yang padat, makan makanan tidak teratur hingga kurang istirahat, semuanya dapat menyebabkan sakit kepala yang tak tertahankan. Bahkan lebih buruk lagi, biasanya sakit kepala juga  disertai  dengan rasa sakit pada mata, leher, telinga dan sinus. Bahkan terkadang rasa sakit tersebut terus berulang di waktu yang berbeda sepanjang hari sehingga membuat penderitanya menjadi  mual-mual dan mudah tersinggung.

Reaksi instan biasanya seseorang akan langsung menenggak pil atau obat-obatan kimiawi agar rasa sakit tersebut cepat reda. Namun pernahkah Anda menyadari bahwa penggunaan obat-obatan kimiawi semacam itu akan berdampak sangat buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi secara terus menerus. Daripada harus menanggung risiko dan efek samping akibat mengonsumsi obat-obatan kimiawi secara terus-menerus, cobalah sesuatu baru yang lebih alami.

Salah satunya adalah dengan menggunakan metode akupresur  yang benar-benar sudah terbukti ampuh untuk mengatasi berbagai problem penyakit termasuk sakit kepala. Akupresur adalah seni pijat kuno, menggunakan jari-jari untuk secara bertahap menekan titik-titik kunci atau meridian agar diperoleh kesembuhan seperti yang diharapkan. Akupresur telah digunakan lebih dari  5.000 tahun yang lalu pertama kali Asia. Akupresur secara khusus dapat  melepaskan ketegangan, meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi rasa sakit, dan juga meningkatkan spiritualitas seseorang.

Untuk memulai penyembuhan sakit kepala dengan akupresur ini, carilah posisi di mana Anda bisa merasa rileks, dan dengan gerakan melingkar lembut menggunakan jari-jari Anda, pijatlah pada titik-titik di bawah ini dengan sedikit ditekan.

1. Titik Yintang
Dalam mitologi Hindu, konsep Third Eye atau mata ketiga ini pertama kali diperkenalkan. Ini adalah simbol pencerahan. Wanita Hindu memakai 'bindi' dan pria meletakkan 'tilak' tepat di titik yintang yang terletak di antara alis. Yintang adalah titik yang sangat ideal untuk menyingkirkan rasa sakit di area mata. Hal ini terutama disebabkan oleh kelelahan.

2. Titik Zan Zhu
Dasar tepi bagian dalam alis disebut dengan titik zan zhu. Menekan pada titik ini secara efektif dapat membantu meringankan sakit kepala dan hidung yang tersumbat. Pijatlah titik ini selama kurang lebih satu menit dengan gerakan satu jari memutar. Selain itu, memijat titik ini juga dapat membantu meningkatkan penglihatan.

3. Titik Yingxiang
Terletak di kedua sisi lubang hidung, atau tepat diujung akhir pipi, titik yingxiang sejajar dengan mata. Memijat titik ini dapat membantu membuka sinus dan mengurangi stres. Selain itu, juga bisa mengurangi sakit kepala dan sakit gigi.

4. Titik Tian Zhu
Titik Tian zhu terletak di belakang kepala, tepat seperti terlihat pada gambar. Titik tersebut tepat berada di antara dasar kepala dan diujung mulainya  tulang belakang. Memijat titik ini dapat meringankan sakit kepala dan migrain sekaligus. Hidung tersumbat dan nyeri di sekitar mata atau di telinga pun dapat disembuhkan dengan memijat titik-titik tersebut.

5. Titik Shuai Gu
Berada di  dekat garis rambut di atas telinga. Memijat di area tersebut dapat meringankan keletihan mata dan nyeri di daerah temporal . Pijatlah titik ini setidaknya selama satu menit.

6. Titik He Gu
Titik hu gu terletak atara ibu jari dan telunjuk di bagian belakang tangan. Memijat titik ini sangat ideal untuk menghilangkan nyeri punggung yang parah. Ketegangan yang bikin  tidak nyaman di dekat leher dan juga sakit gigi juga bisa disembuhkan.

Merangsang titik-titik dengan tekanan dimana dalam bahasa China biasa disebut dengan chi dan bahasa Jepang menyebutnya ki, dapat membantu melepaskan endorfin, zat kimia saraf yang menghilangkan rasa sakit. Aliran darah dan oksigen ke daerah yang terkena juga akan ditingkatkan sehingga menyebabkan otot rileks dan mempercepat proses penyembuhan. Sinyal tertentu dikirim ke otak melalui pemijatan titik-titik ini untuk menutup "gerbang" sistem pemberian sinyal rasa sakit, sehingga mencegah sensasi menyakitkan yang melewati sumsum tulang belakang menuju ke otak. Selain dapat dilakukan sendiri, pemijatan juga dapat dilakaukan dengan bantuan orang lain sehingga efeknya akan lebih cepat lebih terasa.

√Baca Juga√

Loading...