Home » Kesehatan» Ramuan Herbal» 10 Manfaat Menakjubkan Jus Kentang yang Penting Diketahui

10 Manfaat Menakjubkan Jus Kentang yang Penting Diketahui

. . Tidak ada komentar:
Jus kentang
Jus kentang (Image source)
Buah dan sayuran memang penuh dengan berbagai nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan tubuh kita. Salah satu sayuran yang manfaat kesehatannya masih jarang diketahui orang adalah kentang. Umumnya, kentang hanya sebatas dimanfaatkan sebagai pelengkap makanan tanpa memedulikan kandungan gizi dan manfaatnya.

Kentang sering dimakan oleh orang-orang dalam bentuk gorengan atau panggang yang justru memberi kesan makanan tidak sehat. Kentang dalam bentuk alaminya  sangat baik untuk kesehatan dengan banyak kandungan nutrisi pentingnya.

Kentang adalah sayuran berserat rendah kalori yang merupakan sumber vitamin B6, potassium, kalsium, vitamin C dan mangan yang lengkap. Selain itu juga penuh dengan kandungan anti-oksidan dan senyawa seperti flavonoid dan fitonutrien, anti-oksidan bermanfaat melawan kerusakan yang disebabkann oleh radikal bebas.

Cara paling sehat untuk mengonsumsi sayuran ini adalah dalam bentuk jus. Jus kentang memiliki manfaat kesehatan yang menakjubkan. Kentang adalah antasida yang sangat baik, sehingga sangatlah bagus untuk mengobati penyakit lambung.

Kentang secara alami juga digunakan secara ekstensif untuk mengobati sakit mag dan mengurangi peradangan gastrointestinal. Yang membuat jus ini baik untuk perut adalah kentang merupakan makanan paling basa dan dengan mengonsumsi jus kentang mentah, efeknya dapat menetralkan asam lambung.

Selama masa Perang Dunia I, Para prajurit diharuskan diet ketat dengan kentang mentah dan buktinya, banyak dari mereka tidak pernah menderita masalah lambung. Saat itulah kentang mentah mulai terkenal di dunia karena manfaat kesehatannya.
Berikut beberapa manfaat menakjubkan mengonsumsi jus kentang yang baik dan penting untuk diketahui:

1. Menurunkan kadar gula darah
Kentang mengandung serat larut tinggi yang memiliki indeks glisemik rendah. Karena itu, efeknya dapat menghambat kenaikan kadar gula darah atau menjaganya tetap normal. Jus kentang dapat dikonsumsi setiap hari oleh penderita diabetes untuk mengontrol kadar gula darahnya secara efektif.

2. Membantu Mengobati Penyakit Paru-paru
Senyawa tertentu yang ada pada kentang diketahui dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, sehingga juga dapat mencegah kanker paru-paru. Hal ini juga sangat membantu dalam mengobati berbagai penyakit paru-paru lainnya.

3. Membantu Mengobati Masalah Pernafasan
Jus kentang membantu mencegah berbagai penyakit pernafasan karena menurunkan kadar glukosa dalam darah.

4. Membantu Menghilangkan Dan Mengobati Asam urat
Sifat anti-inflamasi pada jus kentang dapat mengurangi efek pembengkakan pada persendian, yang disebabkan oleh kelebihan asam urat dalam tubuh. Selain itu, juga dapat menetralkan asam urat, mengurangi peradangan, dan sekaligus membantu dalam mengobati asam urat.

5. Merangsang Sirkulasi Darah
Vitamin B kompleks yang ada dalam jus kentang dapat meningkatkan daya dukung oksigen bagi sel. Dengan demikian, oksigen akan dibawa dengan lebih lancar ke seluruh bagian tubuh, sehingga efeknya akan meningkatkan sirkulasi darah.

6. Membantu Mengobati Arthritis (Radang sendi)
Kentang mengandung sifat anti-inflamasi kuat yang membantu mengurangi pembengkakan di persendian. Hal ini akan mengurangi rasa sakit akibat artritis, dan sekaligus juga membantu mengurangi gejalanya.

7. Membantu meringankan sakit punggung
Rasa sakit punggung kemungkinan besar terkait dengan arthritis dan bisa diatasi dengan mengkonsumsi jus kentang. Bahkan menggosok irisan kentang tebal langsung pada area yang terkena juga bisa mengurangi pembengkakan dan kemerahan, memberi rasa kelegaan instan.

8. Membantu Menurunkan Berat Badan
Kentang mengandung vitamin C tinggi yang manfaatnya dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Baru-baru ini ditemukan bahwa minum jus kentang secara teratur akan mengurangi sekresi hormon rasa lapar, sehingga dapat mengurangi keinginan untuk makan berlebihan.

9. Membersihkan Hati
Jus kentang juga bisa menjadi jus detoksifikasi yang paling murah, karena dapat membantu membuang racun yang tidak diinginkan pada hati serta ginjal dan sekaligus memperbaiki fungsinya.

10. Membantu Mengobati Gastritis
Jus kentang sangat efektif dalam mengobati masalah yang berhubungan dengan perut karena sifat antasidanya yang menakjubkan. Mengonsumsi jus kentang akan meng-alkalisis cairan pencernaan dan membantu menyembuhkan gangguan pencernaan.

√Baca Juga√

Loading...