Home » Kesehatan» Ramuan Herbal» Obat Flu Alami Mujarab dari Racikan Bawang Putih dan Lobak

Obat Flu Alami Mujarab dari Racikan Bawang Putih dan Lobak

. . Tidak ada komentar:
Bawang putih dan lobak
Biasanya orang akan rentan terhadap infeksi kesehatan seperti flu atau pilek selama musim penghujan. Karena pada kondisi seperti ini, perubahan suhu seringkali tidak menentu dan orang yang memiliki sistem imun yang rendah akan mudah terserang. Namun tidak menutup kemungkinan, pada cuaca normal sekalipun orang juga bisa terserang penyakit flu jika level kesehatannya tengah menurun.

Infeksi paling umum yang sangat menular dan dapat dengan mudah berpindah dari satu orang ke orang lain adalah infeksi sinus. Virus yang menyebabkan infeksi ini menyebar melalui debu, udara, maupun benda-benda yang sudah terkontaminasi. Sinus sendiri adalah bagian di tubuh yang terletak di tulang tengkorak hidung. Bagian ini mengatur aliran udara dan lendir yang masuk lewat rongga tersebut. Jika kita amati, rambut halus yang ada di permukaan bagian dalam hidung menyaring bahan yang tidak diinginkan dari udara agar oksigen yang kita hirup benar-benar bersih dan menyehatkan.

Saat virus memasuki lorong hidung, mereka mengendap di permukaan, menyebabkan timbulnya reaksi rangsangan hidung pilek dan bersin-bersin. Lama-kelamaan lendir-lendir ini menunmpuk dann menyumbat saluran pernapasan sehingga terjadilah hidung tersumbat. Secara alami tubuh menghasilkan lebih banyak lendir untuk melawan infeksi yang bertujuan untuk meredakan flu yang disebabkan infeksi sinus.

Saat saluran hidung tersumbat akibat infeksi sinus, kita juga akan sering mengalami sakit kepala. Hal ini karena saluran sinus juga berperan sebagai kantong udara yang mengurangi bobot tengkorak kepala kita. Oleh karena itu, sinus yang tersumbat akan memberikan penderitanya sensasi perasaan pusing-pusing yang mengganggu. Serangan sinus meski seringkali dianggap biasa, bisa membuat frustrasi dan mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari. Namun Anda tidak perlu khawatir, ada cara alami yang sudah terbukti mujarab untuk menyembuhkan penyakit terkait imunitas seperti flu dan bahkan masuk angin. 

Cukup manfaatkan  bahan-bahan yang lumrah tersedia di dapur yaitu bawang putih dan merah. Dengan kombinasi yang benar dan racikan yang tepat, kita dapat membuat sendiri ramuannya. Tidak perlu diragukan lagi, bawang adalah obat alami multifungsi yang memiliki banyak khasiat dan manfaat. Berikut langkah-langkah cara meracik beserta tambahan bahan-bahan lain untuk membuat obat alami flu sendiri.

Bahan-bahan
-5-6 siung bawang putih;
-1 sdm jus lemon;
-1 butir bawang merah;
-2-3 lobak;
-1 sendok makan madu;

Cara Meraciknya
1) Kupas siung bawang putih dan bawang merah dari kulitnya;
2) Potong bawang bombay dan lobak menjadi potongan kecil-kecil;
3) Rebus ketiga bahan dalam panci;
4) Setelah 15 menit, saring dan pisahkan cairannya;
5) Tambahkan jus lemon dan madu ke dalamnya lalu minum.

Minuman ini harus diminum dalam kondisi hangat agar bekerja lebih efektif. Tips tambahan, karena infeksi sinus sangat umum dan mudah menyebar. Jadi, pastikan untuk menjaga lingkungan tetap bersih, termasuk juga lingkungan tempat kerja dan selalu cuci tangan atau gunakan pembersih tangan (disinfektan) jika tidak tersedia air.

Bawang Putih dan Lobak
Selain bawang putih, ramuan ini juga memiliki bahan tambahan lain, salah satunya adalah lobak. Lobak dan bawang putih memiliki kandungan sulfur tinggi yang dapat mengobati sinus secara efektif. Aroma bawang yang kuat dapat membantu melegakan hidung yang tersumbat. Sifat anti bakteri yang dimilikinya akan membunuh kuman penyebab penyakit. Lobak di sisi lain membantu membersihkan lendir dan mengeluarkannya dari rongga hidung

Meskipun pengobatan alami ini bisa menjadi pilihan alternatif, namun jika terjadi gejala yang berkepanjangan atau tidak kunjung sembuh, baiknya segeralah berkonsultasi ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat.

√Baca Juga√

Loading...