Home » Kesehatan» Sains» Terapi Kaus Kaki Basah, Solusi Alami Atasi Sakit Flu dan Pilek

Terapi Kaus Kaki Basah, Solusi Alami Atasi Sakit Flu dan Pilek

. . Tidak ada komentar:

Bagikan:

Terapi kaus kaki
Ilustrasi terapi kaus kaki
Karena tidak umum di masyarakat, mungkin terapi seperti ini terdengar aneh dan tidak masuk akal, tapi nyatanya metode ini berhasil. Hal ini bisa memicu dan meningkatkan sistem pertahanan tubuh, menurut Jamey Wallace, ND, Direktur Medis Klinik di Bastyr Center for Natural Health.

Pengobatan ini umum dikenal sebagai "kompres pemanas," yang berarti bahwa teknik ini bergantung pada tubuh untuk menghangatkan kaus kaki basah dan dingin, kata Dr. Wallace. Tubuh bereaksi terhadap kaus kaki dingin dengan meningkatkan sirkulasi darah, yang juga merangsang sistem kekebalan tubuh. Kita harus 'menghidupkan' sistem kekebalan tubuh, agar siap berperang melawan penyakit atau kondisi masalah kesehatan tertentu. Pengobatan ini bertindak untuk secara refleks meningkatkan sirkulasi dan mengurangi kemacetan di bagian pernapasan atas, kepala dan tenggorokan. Hal ini juga memiliki efek menenangkan, dan banyak pula pasien telah melaporkan bahwa mereka bisa tidur lebih nyenyak selama perawatan. Pengobatan ini juga efektif untuk menghilangkan rasa sakit dan meningkatkan respons penyembuhan selama infeksi akut.

Pastikan untuk melakukan perawatan ini pada tanda pertama pilek selama beberapa hari berturut-turut. Untuk melakukan perawatan ini sendiri di rumah, eberapa hal yang perlu Anda sediakan diantaranya:

- Sebuah ember atau bak;
- Sepasang kaus kaki katun tipis;
- Sepasang kaus kaki wol tebal.

Apa yang harus dilakukan?
Langkah 1. Rendam sepasang kaus kaki tipis di semangkuk air es. Setelah basah sepenuhnya, keluarkan dari air dan peras perlahan.

Langkah 2. Letakkan kakimu ke dalam ember atau bak mandi air hangat untuk menghangatkannya. Rendam selama sekitar 10 menit sampai terasa agak panas.

Langkah 3. Angkat kaki dari air panas dan cepat keringkan. Segera masukkan kaus kaki katun basah yang dingin, lalu tutupi kaus kaki basah dengan kaus kaki wol kering.

Langkah 4. Langsung tidur. Pastikan kaki Anda tertutup setiap saat, jika tidak maka perawatannya tidak akan bekerja secara efektif.

Jika mau dan kebetulan di rumah punya, Anda juga bisa memijat kaki dengan minyak rosemary untuk memperoleh manfaat tambahan. Minyak rosemary terkenal ampuh dalam membantu melancarkan sirkulasi darah.

√Baca Juga√

Loading...

Moderasi Komentar Aktif