Home » Lainnya» Uang Keberuntungan dalam Tradisi Tahun Baru Imlek

Uang Keberuntungan dalam Tradisi Tahun Baru Imlek

. . Tidak ada komentar:
Uang angpao
Uang Keberuntungan (Wikipedia)
Uang Keberuntungan adalah uang yang secara tradisional diberikan dalam paket atau amplop merah untuk kaum muda selama Tahun Baru Imlek. Amplop merah ini disebut Hung Bao atau biasa kita menyebutnya dengan Angpau, dan biasanya dihiasi dengan simbol kekayaan dan keberuntungan.

Jumlah uang keberuntungan yang terdepat dalam paket tergantung pada kondisi keuangan pemberi, kesempatan, dan usia penerimanya. Kedekatan hubungan antara pemberi dan penerima juga mempengaruhi jumlah uang tunai yang diberikan. Selama Tahun Baru Imlek, anak yang lebih besar biasanya menerima lebih banyak uang dalam amplop merahnya daripada anak-anak yang lebih muda atau kecil.

Uang keberuntungan yang diberikan pada pernikahan seringkali cukup bagi pasangan untuk membeli hadiah yang cukup menyenangkan. Pada banyak pernikahan di China, amplop merah diserahkan ke pengantin wanita tapi tidak dibuka sampai nanti, karena biasanya dianggap tidak sopan untuk membuka paket uang di depan si pemberi. Pengantin bisa mengambil amplop itu dan berterima kasih pada si pemberi. Seringkali, seorang kerabat atau teman yang akan bertanggung jawab untuk menjaga amplop Hung Bao dan orang ini dapat menuliskan nama pemberi pada setiap paket merah sehingga pasangan pengantin tahu siapa yang memberi setiap hadiah.

Amplop merah digunakan untuk uang keberuntungan Cina karena orang Cina menganggap merah sebagai warna keberuntungan dan kebahagiaan.

Sebagian besar amplop yang dijual untuk penggunaan Hung Bao memiliki simbol keberuntungan dan kebahagiaan China di bagian luarnya. Beberapa amplop ini sangat elegan dan mewah dengan desain emas timbul dengan latar belakang merah yang kaya.

Uang Keberuntungan China dapat diberikan dalam bentuk koin, tagihan atau bahkan cek. Anak-anak dapat menggunakannya untuk membeli mainan dan permen kesukannya, sementara anak yang lebih tua dapat menggunakannya untuk keperluan sekolah atau bahkan menghemat uang saku sekolah. Beberapa majikan memberi karyawan amplop sebagai bonus atau hadiah untuk Tahun Baru Imlek. Semua Hung Bao yang diberikan dalam amplop merah dianggap sebagai simbol melawan setan atau kejahatan.

Loading...

√Baca Juga√