Home » Ramuan Herbal» Telinga Gatal Jangan Digaruk dengan Bulu Ayam atau Cotton Bud, Ini Cara Atasinya

Telinga Gatal Jangan Digaruk dengan Bulu Ayam atau Cotton Bud, Ini Cara Atasinya

.

Bagikan:

Telinga sakit
Sakit telinga (Credit)
Berawal dari pengalaman pribadi setelah mengalami serangan telinga gatal luar biasa hingga harus menggaruknya dengan bulu ayam dan cotton bud beberapa kali dalam sehari. Ternyata apa yang terjadi selanjutny?, rongga telinga saya mengalami infeksi dan terjadi inflamasi atau pembengkakan yang disertai dengan rasa sakit yang sangat mengganggu aktivitas. Telinga terasa sakit cekot-cekot, rasa sakitnya bertambah ketika digunakan untuk membuka mulut saat ingin makan.

Dua hari saya menjalani aktivitas harian dengan rasa sakit yang memanggil-manggil, seolah-olah tidak ingin sedetikpun rasa sakit tersebut dilupakan. Hingga akhirnya muncul inisiatif untuk membuat ramuan obat alternatif yang terbuat dari bahan-bahan alami di rumah. Untuk mengobati telinga gatal dan sakit karena infeksi tersebut, saya menggunakan kombinasi daun kemangi dan bawang putih.

Untuk membuatnya, ambil sejumput daun kemangi lalu cuci bersih. Ambil pula satu siung bawang putih lalu diiris sedikit saja, jangan terlalu banyak. Setelah itu, daun kemangi dan potongan kecil bawang putih diulek atau ditumbuk menggunakan sendok sampai halus dengan diberi sedikit air di atas wadah misalnya piring. Dengan menggunakan sendok tadi, ambil sedikit airnya lalu teteskan ke dalam lubang telinga yang sakit, biarkan beberapa saat, buang airnya dengan memiringkan kepala.

Ambil sejumput daun kemangi lagi, cuci bersih, lalu kunyah mentah-mentah dan telan dengan dibantu meminum segelas air. Ulangi semua prosedur sebanyak dua kali sehari (misalnya pagi dan sore) sampai sembuh. Insyaallah dalam kurun waktu satu sampai dua hari rasa sakit akan berkurang dan dalam proses kesembuhan. Secara mudahnya, kemangi dan bawang putih mengandung kandungan senyawa yang memiliki sifat anti bakteri dan anti inflamasi. Sehingga jika dikonsumsi secara teratur akan membantu mengekang perkembangan bakteri tidak baik yang menyebabkan infeksi.

Jika kemudian mulai muncul telinga terasa gatal kembali, baiknya jangan digaruk, tapi ditetesi dengan ramuan obat tadi. Boleh dikucek dengan jari tapi hanya sebatas di bagian luarnya saja, jangan memasukkan benda-benda asing ke dalam lubang telinga. Di dalam rongga telinga terdapat saraf-saraf sensitif, yang jika digaruk-garuk akan menyebabkan cedera infeksi atau gangguan telinga. Pada beberapa kasus, sering menggaruk lubang telinga bisa menyebabkan pendengaran berkurang dan bahkan tuli permanen. Jadi harus hati-hati ya?.

Jika dalam tempo tiga hari rasa sakit tidak berkurang atau tidak terjadi proses kesembuhan sama sekali, harap segera hubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Catatan: Cara ini sudah penulis praktekkan sendiri di rumah dan memang berhasil sembuh. Namun begitu, saya tidak menyarankan secara langsung agar pembaca menggunakan metode atau cara ini pula. Artikel ini ditulis semata-semata sebagai bahan pembelajaran dan berbagi pengalaman saja. Jika Anda ragu, silahkan mengonsultasikan kepada ahilnya.

√Baca Juga√

Loading...