Home » Tahukah Anda?» Kenapa Air Laut Rasanya Asin? Ini Jawaban Sederhananya

Kenapa Air Laut Rasanya Asin? Ini Jawaban Sederhananya

.

Bagikan:

Air laut asin
Air laut
Kenapa air laut rasanya asin? Kebanyakan orang awam pasti akan menjawab karena air laut adalah sumbernya garam. Tidak salah sih, tapi pertanyaannya darimana rasa asin tersebut dihasilkan?. Apakah sudah ada dengan sendirinya sejak diciptakan atau karena melalui proses-proses alam tertentu yang membuat air laut menjadi asin. Disini, kalian bisa menemukan jawabannya secara logis serta sesuai hukum fisika dan kimiawi.

Sebagian besar garam di laut berasal dari proses atau memakan tempat di darat. Curah hujan mengandung karbon dioksida dari atmosfer, sehingga membuatnya menjadi  asam.

Saat hujan mengikis batuan di tanah, ia akan melepaskan ion - partikel atom yang membawa muatan listrik. Sungai dan aliran air akhirnya membawa ion terlarut ini ke laut.

Beberapa tergeser dari air oleh berbagai tumbuhan dan hewan, sedangkan ion lainnya - terutama sodium dan klorida - tetap dan menjadi lebih terkonsentrasi.

Dua ion inilah yang membuat air laut terasa asin. Diperkirakan jika semua samudra diuapkan dan garamnya menyebar merata di seluruh permukaan bumi, maka akan terbentuk lapisan setinggi 152 meter (500 kaki).

Jadi seperti itulah bagaimana proses terbentuknya rasa asin di air laut. Jadi, rasa asin air laut tidak terbentuk secara alaminya, tapi melalui proses fisika kimiawi yang dilakukan oleh alam. Semoga bermanfaat...

√Baca Juga√

Loading...